term 2017-07-26T22:22:19+00:00

SYARAT & KETENTUAN

 

Definisi

  1. Aplikasi adalah marketplace tempat di mana penjual dalam hal ini adalah Anda sebagai vendor dan pembeli dalam hal ini adalah traveller bertemu dan dapat melakukan transaksi, yang dimiliki oleh Tripdixi.
  2. Vendor adalah Anda sebagai individu atau badan usaha resmi yang menjual produk wisata yang dimiliki atau dijalankan atau dikoordinasikan sendiri di dalam aplikasi.
  3. Traveller adalah pihak yang membeli produk wisata yang disediakan oleh vendor di dalam aplikasi.
  4. Produk wisata adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi oleh para traveller diantaranya antara lain dan tidak terbatas pada objek wisata, panorama alam, program perjalanan (trip), pertunjukan, penginapan, transportasi, hiburan, hasil budidaya alam, hasil kerajinan.

Syarat

  1. Vendor adalah individu yang berusia minimal 21 tahun atau badan usaha resmi yang mempunyai legalitas hukum badan usaha wisata yang masih berlaku.
  2. Sebagai vendor Anda menjamin bahwa Anda tidak sedang berada dalam permasalahan hukum baik sebagai vendor individu atau sebagai vendor berbentuk badan usaha wisata resmi.
  3. Sebagai vendor Anda wajib melampirkan dokumen administrasi yang diperlukan, baik dalam proses pendaftaran online atau yang dimintakan kemudian oleh Tripdixi.

Ketentuan

  1. Mekanisme penjualan di aplikasi:
    1. Vendor dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya produk wisata dengan mekanisme mengisi form isian layanan vendor untuk dijual di aplikasi.
    2. Tripdixi akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas produk wisata yang dikirimkan oleh vendor dengan mekanisme proses antrian yang ditentukan oleh Tripdixi.
    3. Tripdixi mempunyai kewenangan sepenuhnya untuk tidak menerima atau menunda penjualan produk wisata yang dikirimkan oleh vendor.
    4. Produk wisata yang dikirimkan harus menyertakan minimal 8 buah foto (milik vendor bukan foto pihak lain) yang berkorelasi dengan produk wisata yang ingin dijual dengan format landscape(bukan portrait), tanpa edit, tanpa caption, tanpa watermark, resolusi tinggi dengan besaran maksimal 5 MB per foto.
    5. Apabila terjadi klaim hak cipta atas foto yang dikirimkan vendor oleh Pihak Ketiga maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab vendor sepenuhnya.
    6. Foto akan digunakan dan dimodifikasi oleh Tripdixi untuk dan tidak terbatas dalam aplikasi dan keperluan promosi, dan dalam beberapa keperluan Tripdixi akan memberikan watermarkSehubungan dengan hal tersebut, Tripdixi tidak memberikan royalty hak cipta untuk penggunaan foto tersebut.
  2. Mekanisme pembelian dan pembayaran produk wisata di aplikasi:
    1. Traveller yang melakukan booking kemudian akan melakukan pembayaran ke rekening Tripdixi dengan mekanisme transfer bank atau menggunakan kartu kredit.
    2. Tripdixi akan melakukan pembayaran ke vendor dengan mekanisme:
      • H-3 dari tanggal traveller akan menggunakan produk wisata yang dibeli, Tripdixi akan mentransfer 60% dari total biaya ke rekening vendor
      • H+3 dari tanggal traveller selesai menggunakan produk wisata yang dibeli, Tripdixi akan mentransfer sisa dari total biaya ke rekening vendor (dengan catatan tidak ada komplain dari traveller).
    3. Tripdixi akan melakukan pemotongan sebagai komisi dari produk wisata yang berhasil terjual dengan besaran yang akan diinformasikan oleh Tripdixi ketika vendor selesai melakukan proses pendaftaran vendor.
  3. Permasalahan:
    1. Apabila terjadi masalah dalam hal ini aduan atau laporan traveller ke Tripdixi terhadap produk wisata yang dijual oleh vendor diantaranya dan tidak terbatas pada misalnya:
      • produk wisata tidak sesuai dengan itenerary atau penjelasan dalam aplikasi yang dibuat oleh vendor (biaya, pelayanan, durasi, dsb)
      • pelayanan yang kurang baik (menggunakan asas etika yang berlaku standar di Indonesia, mis: perilaku, tata bahasa)
      • vendor melakukan tindak kriminal
      • terjadi kecelakaan, musibah atau gangguan
      • vendor tidak muncul pada hari H atas produk wisata yang berupa trip atau perjalanan, maka Tripdixi akan melakukan:
      • meminta klarifikasi dari vendor berdasarkan informasi yang diterima Tripdixi
      • sementara dalam proses klarifikasi semua produk wisata dari vendor yang bersangkutan akan di-suspend
      • apabila vendor terbukti tidak melaksanakan tanggung jawab dan atau memberikan pelayanan dengan baik atas produk wisata milik vendor maka Tripdixi berhak memutus kerjasama dengan vendor dengan menyelesaikan hak dan kewajiban masing-masing pihak (vendor dan Tripdixi) terlebih dahulu dan dalam kasus tertentu Tripdixi sepenuhnya berhak melakukan penalty kepada vendor
      • apabila dirasa perlu maka Tripdixi akan membawa vendor ke ranah hukum berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia
    2. Di sisi lain untuk juga menjaga kenyamanan dan keamanan vendor dalam melakukan penjualan produk wisata, maka Tripdixi melakukan langkah-langkah:
      • Apabila traveller melakukan pembatalan pembelian pada H-6, maka Tripdixi hanya akan mengembalikan total biaya pembayaran kepada traveller sebesar 50% ditambah biaya administrasi bank 5%. Vendor akan mendapatkan 20%.
      • Apabila traveller melakukan pembatalan pembelian pada H-3, maka Tripdixi tidak akan mengembalikan pembayaran yang dilakukan oleh traveller. Tripdixi dalam hal ini akan menganggap transaksi tetap berjalan sehingga vendor akan mendapatkan pembayaran penuh seperti transaksi normal.
      • bersedia memberikan data traveller untuk keperluan hukum dan atas permintaan hukum berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku di Republik Indonesia apabila traveller melakukan misalnya dan tidak terbatas pada perbuatan tidak menyenangkan, tindak kriminal kepada vendor yang menyebabkan vendor melakukan tindakan hukum.
      • walaupun demikian, Tripdixi tidak bertanggungjawab atas kerugian material dan non material yang mungkin diderita oleh vendor.
  4. Jangka waktu kerjasama antara vendor dan Tripdixi tidak mempunyai jangka waktu tetap, kecuali kerjasama eksklusif yang dibuat antara Tripdixi dan vendor untuk produk wisata tertentu.
  5. Tampilan di aplikasi:
    1. Tripdixi tidak menjamin produk wisata vendor akan berada di posisi teratas karena semua tergantung pada algoritma aplikasi
    2. Produk wisata yang masuk dalam kategori promosi Tripdixi, dilaksanakan berdasarkan kesepakatan khusus yang dilakukan oleh vendor dengan Tripdixi
    3. Tripdixi tidak menjamin bahwa produk wisata yang dimiliki oleh vendor akan mendapatkan booking. Walau demikian dengan data analisa yang dimiliki oleh Tripdixi, pihak Tripdixi akan memberikan masukan dan saran kepada vendor agar produk wisata yang dimiliki oleh vendor dapat mempunyai daya tarik lebih.